Read Me...!!!

Selamat Datang Bagi Pengunjung Blog Kita Bersama, Semoga Apa Yang Anda Baca Bermafaat Dan Jangan Lupa untuk Menjadi Follower dan Kenalan Dengan ADMIN Blog Ini yaaa...!!! ^_^

Sunday, December 11, 2011

Tasawuf 'Neraka Jahanam'

Neraka Jahannam adalah neraka yang berada ditingkat yang atas sekali. Juga nama jahannam ini dipakai untuk nama seluruh api neraka, mulai dari tingkat yang paling atas sampai lapis yang paling bawah sekali. Sebagaimana firman Allah yang bermaksud:
قل للذين كفروا ستغلبون وتخشرون الى جهنم و بئس المهاد.

"Katakanlah kepada orang kafir itu: Nanti kamu dikalahkan oleh orang Islam, dan dihimpunkan kamu ke dalam neraka Jahannam. Di sanalah tempat yang seburuk-buruknya." (Al-Imran: 12)
Di dalam Al-Qur'an dijelaskan juga, bahawa di antara calon penghuni neraka Jahannam itu ialah:
1. Orang-orang yang durhaka, yaitu orang-orang yang senang melakukan kejahatan.
2. Orang-orang kafir, yaitu orang yang tidak beriman kepada semua rukun iman.
3. Para pengikut syaitan atau pengabdi hawa nafsu.
4. Orang-orang yang menyimpan emas dan perak tetapi tidak mahu membayar zakat.
5. Orang-orang yang menimbun dosa.
6. Orang-orang yang tidak mensyukuri nikmat Allah.
7. Orang-orang yang menentang ajaran para Rasul.
8. Orang-orang munafik.
Jahannam (جهنم ) adalah neraka tempat penyiksaan yang memiliki 7 pintu dan setiap pintu (tingkat), telah ditetapkan untuk golongan tertentu dari para makhluk-Nya. Gerbang jahannam dipimpin oleh Malaikat Malik.
Firman Allah SWT :
الا طريق جهنم خالدين فيها ابدا و كان ذلك على الله يسيرا
“Bahwasanya orang-orang kafir dan orang aniaya itu tidak akan diampuni Allah, dan tidak pula ditunjuki jalan, melainkan jalan ke Neraka Jahannam. Mereka kekal dalam neraka itu selama-lamanya. Yang demikian itu mudah sekali bagi Allah.” (Q.S. An-Nisa’ : 169)

Merupakan pintu neraka yang paling atas (pertama). Pintu neraka ini ditempati oleh kaum muslimin (umat Muhammad) yang melakukan dosa besar. Hal ini sebagaimana yang dikatakan oleh Jibril kepada nabi Muhammad :
"Hai Muhammad! pintu neraka jahannam, ini dihuni oleh orang-orang yang melakukan dosa besar dari umatmu, dimana mereka mati sebelum bertaubat.” Demi mendengar apa yang dikatakan Jibril, Rasulullah langsung pingsan. Ketika Rasulullah telah sadar kembali, beliau berkata : "Hai Jibril! sangat besar musibahku. Karena sesungguhnya aku amat takut bila umatku dimasukkan ke dalam neraka!". Jawab Jibril: "Ya, umatmu yang melakukan dosa besar akan dimasukkan ke dalam neraka! ". Kemudian Rasulullah menangis, dan Jibril pun ikut menangis. Tiba-tiba mereka berdua mendengar firman Allah Ta'ala : Hai Jibril, Hai Muhammad! sesungguhnya Aku menjauhkan kalian berdua dari neraka. Tetapi janganlah kamu merasa aman dari siksaKu!".
Dalam Al-Qur'an, Allah telah mensifati neraka Jahannam sebagai berikut :
انها ترمى بشرر كالقصر
"Sesungguhnya neraka itu melontarkan bunga api sebesar dan setinggi gunung".(QS. Al-Mursilat : 32)
و ان جهنم لموعدهم اجمعين
"Dan sesungguhnya Jahannam itu benar-benar tempat yang telah diancamkan kepada mereka (pengikut-pengikut setan) semuanya.(QS. Al-Hijr : 43)
Neraka Jahannam juga disediakan untuk para pengikut syaithan. Pengikut syaithan kebanyakan para wanita, mengapa demikian? karena dalam diri seorang wanita terdapat roh-roh syaithan.
Syaithan bentuknya ada 3 (tiga) yaitu:
1. Ucapan para dukun, peramal,
2. Hawa nafsu (egoisme),
3. Mengkultuskan kepada seseorang

• Etimologi
Jahannam berasal dari bahasa Arab (جهنم). Berakar dari huruf J-H-M, memiliki banyak arti. Salah satunya adalah:
• Secara harfiah berarti memiliki penampilan jahat atau berwajah murung.
• Kegelapan dan Jahm digunakan untuk bagian tergelap dari malam.
• Awan yang tak berair
Jika kesemua arti tersebut dijadikan satu, maka menjadi - Jahannam adalah tempat yang teramat menyeramkan dan gelap. Karena jahannam memiliki penampakan yang dapat menciutkan nyali dan tak memiliki air/ kering kerontang.
Ketika Allah berfirman dalam Al Qur'an tentang Atheis, “fahasbahu jahannam,” yang berarti “Ketika Jahannam cukup untuk mereka - Inilah tempat yang pantas untuk mereka, sebuah tempat yang tak berair, menakutkan, siksaan yang suram yang akan menghancurkan ego mereka.”
• Bentuk Jahannam
Dikisahkan dalam sebuah hadits bahwa sesungguhnya neraka jahanam itu adalah hitam gelap dan pekat, tidak ada cahaya dan tidak pula neraka itu menyala/terang.
Rasulullah saw bersabda, “Api kamu ini hanyalah satu bagian dari tujuh puluh bagian api di neraka jahannam.” Para sahabat mengatakan, ”Yang ini pun sudah cukup berat panasnya.”
Nabi berkata lagi, ”Bahkan api neraka itu melebihi sebanyak enam puluh sembilan kali lipat panasnya api dunia.”
“Api neraka jahannam telah dinyalakan seribu tahun hingga menjadi merah. Kemudian dibakar lagi selama seribu tahun hingga menjadi putih. Kemudian dibakar lagi selama seribu tahun hingga menjadi legam, seperti malam yang gelap gulita.” (HR. Tirmidzi).
Jahanam memiliki 7 buah pintu dan pada setiap pintu itu terdapat 70.000 gunung, pada setiap gunung itu pula terdapat 70.000 lereng api dan pada setiap lereng itu terdapat 70.000 belahan tanah yang terdiri dari api, pada setiap belahannya pula terdapat 70.000 lembah dari api.
Disetiap lembah itu terdapat 70.000 gudang dari api, dan pada setiap gudang itu pula terdapat 70.000 kamar dari api, pada setiap kamar itu pula terdapat 70.000 ular dan kala, dan setiap kala itu mempunyai 70.000 ekor dan setiap ekor pula memiliki 70.000 ruas. Pada setiap ruas kala tersebut mempunyai 70.000 qullah bisa.
• Penjaga/ Penyiksa Jahannam
Neraka Jahannam di jaga ketat dan memiliki malaikat penyiksa yang sangat patuh terhadap Allah, sosok mereka berdiri sangat tegap, berperawakan besar serta ekspresi wajahnya sangat seram, memiliki suara yang amat garang dan memiliki temperamen yang kasar, sadis dan keras. Tercantum dalam Al-Qur'an:
يا ايها الذين امنوا قوا انفسكم و اهلكم نارا و قودها الناس و الحجارة عليها ملائكة غلاظ شداد لا يعصون الله ما امرهم و يفعلون ما يؤ مرون.
“Hai orang-orang yang beriman, peliharalah dirimu dan keluargamu dari api neraka yang bahan bakarnya adalah manusia dan batu; penjaganya malaikat-malaikat yang kasar, yang keras, yang tidak mendurhakai Allah terhadap apa yang diperintahkan-Nya kepada mereka dan selalu mengerjakan apa yang diperintahkan. (At-Tahrim : 6)

No comments:

Post a Comment