Read Me...!!!

Selamat Datang Bagi Pengunjung Blog Kita Bersama, Semoga Apa Yang Anda Baca Bermafaat Dan Jangan Lupa untuk Menjadi Follower dan Kenalan Dengan ADMIN Blog Ini yaaa...!!! ^_^

Sunday, December 11, 2011

Teknik Penulisan PR, Contoh 'Artikel'

1 Ide Teknologi
2 Topik Teknologi 4G
3 Tema Perkembangan Teknologi 4G
4 Judul 4G, Teknologi Praktis dan Dinamis

• Kerangka :
A. Pendahuluan
- Sekilas tentang teknologi
- Kebutuhan terhadap teknologi tinggi
B. Isi pembahasan
- Apa itu 4G?
- Sejarah teknologi nirkabel hingga diciptakannya teknologi 4G
- Manfaat dan tujuan 4G
- Teknologi 4G di Indonesia
C. Penutup
- Kesadaran manusia terhadap penggunaan teknologi






















4G, TEKNOLOGI PRAKTIS DAN DINAMIS


PENDAHULUAN

Teknologi merupakan alat yang diciptakan untuk mempermudah kehidupan manusia dalam hal komunikasi, transportasi, dan berbagai hal lainnya. Semakin berkembangnya zaman, semakin berkembang pulalah teknologi dari yang manual hingga yang digital. Dengan demikian, kehidupan manusia semakin mudah dirasakan.
Di era globalisasi seperti sekarang ini sangat sulit nampaknya untuk menjalani kehidupan tanpa adanya teknologi. Teknologi sekarang ini telah menjadi jiwa setiap manusia, atau bahkan di setiap nafasnya. Kita perhatikan saja hampir setiap orang memegang telefon selular untuk kepentingan komunikasi maupun hanya untuk sekedar hiburan yang sengaja disajikan di berbagai macam features yang ada. Seperti games, MP3, MP4, camera, layanan 3G, dan lain sebagainya.
Dengan demikian, semakin bersatulah antara teknologi dengan manusia yang menciptakan adanya kemudahan dalam hidup, khususnya dalam berkomunikasi. Komunikasi jarak jauh akan menjadi lebih hidup dengan adanya layanan 3G yakni third generation. hampir semua pengguna ponsel berfeatures 3G memanfaatkannya. Yang juga mendukung proses pengaksesan internet agar lebih mudah.
Perkembangan teknologi 3G di Indonesia hingga saat ini terkesan lambat sekali. Selain jaringan 3G yang masih sedikit, ponsel 3G yang masih relatif mahal, dan komunikasi yang mengandalkan fasilitas Video callnya ini, tarifnya pun masih dirasakan mahal bagi masyarakat Indonesia. Pada saat peluncurannya, memang sangat booming sekali. Hal ini dikarenakan masih gratisnya content tersebut. Tapi setelah tarif mulai diberlakukan, 3G harus bekerja keras untuk menarik minat masyarakat yang lebih cenderung memilih komunikasi yang murah. Hal ini sangat mengkhawatirkan akan gagalnya 3G, seperti halnya yang terjadi pada teknologi MMS. Tapi tahukah anda? Sementara 3G sedang bekerja keras mensosialisasikan diri di masyarakat, sebentar lagi akan segera hadir teknologi 4G.

Lalu, apakah itu teknologi 4G?

4G adalah singkatan dari fourth generation yaitu generasi penerus dari teknologi 3G. Menurut IEEE (Institute of Electrical and Electronics Engineers) nama resmi dari teknologi ini adalah 3G and beyond. Perbedaan yang sangat menonjol dari teknologi komunikasi ini adalah seluruh jaringan yang digunakan adalah berbasis IP (Internet Protocol). Teknologi yang dipakai adalah Session Initiation Protocol (SIP) yang dikembangkan oleh Internet Engineering Task Force (IETF). Jadi, identifikasi/pengenal dari setiap pengguna teknologi ini nantinya tidak akan menggunakan nomor seperti +62311234567, tapi akan berupa URL seperti sip : nurul_aynhie@hotmail.com.
Teknologi 4G (Fourth Generation Technology), sebuah teknologi baru diatas 3G yang menyediakan solusi IP (Internet Protocol) yang komprehensif. Dimana suara, data, dan multimedia dapat sampai kepada user kapan saja dan dimana saja, serta lebih cepat daripada generasi sebelumnya
Dengan adanya SIP dalam 4G, nomor telefon PSTN hanyalah sebagian kecil dari identifikasi telefon karena sebagian besar akan menggunakan URL. Karena secara sederhana, dapat diartikan bahwa teknologi 1G adalah telepon analog / PSTN yang menggunakan seluler. Sementara teknologi 2G, 2.5G, dan 3G merupakan ISDN.Infrastruktur internet telephony memungkinkan user untuk menciptakan banyak hal tanpa tergantung lisensi perintah dan tidak melanggar hukum.
Kecepatan transfer data dari 4G ini bisa mencapai 54 Mbps, ini jauh lebih besar dari teknologi 3G yang hanya bisa mencapai 2 Mbps, ataupun HSDPA yang dikenal dengan 3,5 G yang hanya bisa mencapai 14,4 Mbps di jaringan GSM. Dengan besarnya kecepatan transfer data, hal ini akan akan terasa nyaman dalam melakukan video call ataupun mobile tv.

Dengan mengandalkan jalur internet dan murahnya koneksi internet, tentu sangat menggembirakan dalam penggunaan teknologi 4G ini dalam berkomunikasi dibandingkan dEngan teknologi komunikasi yang ada saat ini. Di masa yang akan datang, berkomunikasi akan dilakukan dengan menggunakan laptop, PC ataupun PDA yang mempunyai koneksi Wifi untuk menghubungkan ke internet, atau juga handset/ponsel tersendiri yang bisa terhubung ke internet. Ini akan menjadi suatu revolusi teknologi komunikasi yang besar dikarenakan akan terciptanya komunikasi yang murah bagi masyarakat.

Sejarah teknologi nirkabel.

Tiga generasi tahapan umum perkembangan teknologi nirkabel yaitu :
1. Generasi pertama :
- Seluruh system pada generasi pertama ini merupakan sistem analog. Dengan kecepatan rendah (low speed) serta suara sebagai objek utamanya. Seperti : NMT (Nordic Mobile Telephone) dan AMPS (Analog Mobile phone System).
2. Generasi kedua :
- Dijadikan standar komersial dengan format digital. Dengan kecepatan rendah hingga menengah. Seperti : GSM dan CDMA2000 1xRTT.
3. Generasi ketiga :
- Digital. Mampu mentransfer data dengan kecepatan tinggi (high speed) dan aplikasi media untuk pita lebar (broadband). Seperti W-CDMA atau dikenal juga dengan UMTS, dan CDMA 2000 1xEV-DO.

Antara generasi kedua dan generasi ketiga, sering disisipkan Generasi 2,5 yaitu digital, kecepatan menengah (hingga 150 Kbps). Teknologi yang masuk kategori 2,5 G adalah layanan berbasis data, seperti GPRS (General Packet Radio Service) dan EDGE (Enhance Data rate for GSM Evolution) pada domain GSM dan PDN (Packet Data Network) pada domain CDMA. 4G merupakan pengembangan dari teknologi 3G.
Nama resmi dari teknologi 4G ini menurut IEEE adalah "3G and beyond". Sebelum 4G, HSDPA (High-Speed Downlink Packet Access) yang kadangkala disebut sebagai teknologi 3,5G telah dikembangkan oleh WCDMA sama seperti EV-DO mengembangkan CDMA2000. HSDPA adalah sebuah protokol telepon genggam yang memberikan jalur evolusi untuk jaringan UMTS (Universal Mobile Telecommunications System) yang akan dapat memberikan kapasitas data yang lebih besar (sampai 14,4 Mbps).

Apa manfaat dan tujuan 4G?
Sistem 4G akan dapat menyediakan solusi IP yang komprehensif dimana suara, data, dan arus multimedia dapat sampai kepada pengguna kapan saja dan dimana saja, pada rata-rata data lebih tinggi dari generasi sebelumnya. Belum ada definisi formal untuk 4G. Bagaimanapun, terdapat beberapa pendapat yang ditujukan untuk 4G, yakni : 4G akan merupakan sistem berbasis IP terintegrasi penuh. Ini akan dicapai setelah teknologi kabel dan nirkabel dapat dikonversikan dan mampu menghasilkan kecepatan 100Mb/detik dan 1Gb/detik baik dalam maupun luar ruang dengan kualitas premium dan keamanan tinggi.
4G akan menawarkan segala jenis layanan dengan harga yang terjangkau. Setiap handset 4G akan langsung mempunyai nomor IP v6 dilengkapi dengan kemampuan untuk berinteraksi internet telephony yang berbasis SIP. Semua jenis radio transmisi seperti GSM, TDMA, EDGE, CDMA 2G, 2.5G akan dapat digunakan, dan dapat berintegrasi dengan mudah dengan radio yang di operasikan tanpa lisensi seperti IEEE 802.11 di frekuensi 2.4GHz & 5-5.8Ghz, bluetooth dan selular. Integrasi voice dan data dalam channel yang sama. Integrasi voice dan data aplikasi SIP-enabled.
Salah satu ciri khas teknologi 4G ini adalah seluruh jaringan sudah akan berbasis IP. Teknologi yang dipakai adalah teknologi internet telepon menggunakan SIP.
Teknologi SIP ini dikembangkan oleh Internet Engineering Task Force (IETF). SIP menjadi standar yang ‘open’ sehingga semua SDM di seluruh dunia dapat mengambil ‘source code’, dan mengimplementasikannya secara langsung secara gratis. Contohyang nyata dari implementasi sentral telepon 4G ini adalah VoIP Rakyat.
Bila teknologi ini telah diimplementasikan, maka bukan ponsel-ponsel berbasis GSM dengan fitur 3G yang akan populer. Namun penggunaan laptop-laptop yangtelah dilengkapi wi-fi dan softphone (skype, x-lite, dan sjphone) akan lebih optimal. Bagi pengguna PDA yang sudah dilengkapi wi-fi, PDA dapat digunakan sebagai Pre-4G phone. Softphone yang bisa digunakan untuk PDA jenis ini adalah phone untuk PPC. IPAQ versi 69 sudah dapat digunakan untuk keperluan pre-4G ini.
Perangkat-perangkat mobile lain yang mendukung Push-To-Talk dan SIP dapat juga digunakan untuk keperluan berkomunikasi dengan teknologi Pre-4G ini.
Selain berbasis IP, teknologi 4G ini memiliki ciri khas bahwa ponsel ini masih akan berfungsi dengan baik bila penggunannya berkomunikasi dengan menggunakan piranti 4G di dalam kendaraan dengan kecepatan 150 Km/jam dengan kecepatan transfer mencapai 54 Mbps.
Wimax (IEEE802.16e) adalah teknologi wireless yang akan sangat menunjang penggunaan teknologi 4G ini. Dengan cakupannya yang luas, Wimax memungkinkan perangkat dibawa dalam keadaan bergerak dengan kecepatan 150-200 km/jam sambilmelakukan transfer data dengan kecepatan 54 Mbps.
Dengan bebasnya frekuensi 2.4GHz yang juga merupakan cakupan operasi wimax,aktivitas operasional Wimax akan menjadi sangat murah. Dengan perangkattersebut, teknologi 3G akan tertinggal. Sehingga kita tidak perlu lagi tergiuriklan 3G. Yang pasti, hal yang perlu kita lakukan adalah mengkonsentrasikan diri pada teknologi 4G yang jelas-jelas opensource.



Bagaimanakah teknologi 4G di Indonesia sendiri?
Perangkat teknologi komunikasi mobile yang sedang trend di Indonesia saat ini adalah teknologi 3G. namun tahukah anda? bahwa teknologi ini sebentar lagi harus berkompetisi dengan teknologi 4G.
Indonesia pada saat ini sebenarnya baru saja memasuki dan memulai tahap 3.5G atau yang biasa disebut sebagai HSDPA (High Speed Downlink Packet Access) yang mampu memberikan kecepatan akses hingga 3.6 Mbps termasuk koneksi pita lebar (broadband connection). Berkaitan dengan teknologi 4G, SIP adalah protokol inti dalam internet telephony yang merupakan evolusi terkini dari Voice over Internet Protocol maupun Telephony over Internet Protocol.
Teknologi tersebut banyak di perdebatkan oleh operator, pemerintah dan DPR belakangan ini. Tidak lama lagi internet telephony akan menjadi tulang punggung utama infrastruktur telekomunikasi. Teknologi internet telephony memungkinkan pembangun infrastruktur telekomunikasi rakyat secara swadaya masyarakat (tanpa Bank Dunia, IMF maupun ADB) bahkan mungkin tanpa kontrol pemerintah sama sekali.
Dengan teknologi SIP dalam 4G, nomor telepon PSTN hanyalah sebagian kecil dari identifikasi telepon. Bagian besarnya akan dilakukan menggunakan URL. Kita tidak lagi perlu bergantung pada nomor telepon yang dikendalikan oleh pemerintah untuk berkomunikasi via internet-telepon. Infrastruktur internet telephony memungkinkan kita untuk menyelenggarakan sendiri banyak hal tanpa tergantung lisensi pemerintah dan tidak melanggar hukum.
Teknologi 4G juga akan menyebabkan kemunduran bagi teknologi IN (Internet Network) yang saat ini merupakan infrastruktur telekomunikasi yang digunakan berbagai provider. Hal tersebut disebabkan terbukanya jalur arus bawah yang dapat didownload dan diakses gratis dari internet.

PENUTUP
Maka dengan semakin berkembangnya teknologi, hampir semua orang menjadi makhluk yang seakan akan tidak bisa hidup tanpa adanya teknologi disekitarnya. Hal tersebut terjadi di kebanyakan negara di belahan dunia.
Dengan pesatnya perkembangan teknologi, hal yang sangat diharapkan antara lain, agar manusia tidak memiliki suatu ketergantungan yang berat sehingga interaksi antar manusia secara langsung semakin terabaikan, seperi halnya silatur rahmi yang semakin terabaikan karena adanya ponsel 3G, ataupun 4G nantinya. Sehingga silatur rahmi secara langsung dari rumah ke rumah terabaikan. Meskipun segalanya menjadi praktis kapanpun dan dimanapun. Jadi, teknologi tetap berkembang dan digunakan, tetapi interaksi antar manusia juga tetap terjaga dengan baik secara langsung khususnya.

No comments:

Post a Comment