Read Me...!!!

Selamat Datang Bagi Pengunjung Blog Kita Bersama, Semoga Apa Yang Anda Baca Bermafaat Dan Jangan Lupa untuk Menjadi Follower dan Kenalan Dengan ADMIN Blog Ini yaaa...!!! ^_^

Friday, January 6, 2012

System Operasi pada Handphone

Sedikit mau sharing aja tentang System Operasi yang ada pada Handpone saja, tapi bagi anda yang sudah mengenalnya sedikit me Review aja, bukannya saia sok jadi guru saia hanya ingin posting artikel yang saia sukai  yaitu tentang Handphone banyak handpone yang beredar di indonesia bahkan hampir setiap orang di Indonesia memilikinya.
Oleh karena itu saia hanya sedikit mengulas tentang System Operasi apa saja yang ada dihandphone - handpohone anda  langsung saja kita mulai dengan bacaan Basmalah  biar bermanfaat...
hehehe..


ok kita mulai dari OS Symbian.
1. OS (Operating System) Symbian 


         adalah Sistem operasi yang dikembangkan  oleh Sysbian Ltd. dan dirancang untuk perangkat bergerak (Mobile), OS Symbian yang didirikan sejak tahun 1998 dulunya digunakan oleh Nokia dab hingga saat ini telah digunakan oleh banyak Vendor (perusahaan) Smartphone. Symbian telah mengalami perkembangan yang drastis hingga saat ini masih banyak yang menggunakan OS ini termasuk saya. :p

hingga sekarang Vendor yang menggunakan OS ini adalah Sony Ericsson, Nokia, Motorola, Psion dan lain sebaginya. Namun yang memegang saham terbesar adalah Nokia dengan 47.9 persen. Banyak dari produk Nokia yang menggunakan sistem operasi ini. Symbian dipandang lebih unggul karena :
-   Dirancang Khusus untuk ponsel berbeda dengan Windows dan Linux yang diadopsi dari komputer.
-   Berkat ftur C++, Java MIDP 2.0, Personal, java 1.1.1 a, dan WAP, sistem operasi symbian sangat sangat                       
     terbuka sehingga siapapun bisa mengembangkannya, terbukti beredar apliaksi-aplikasi tambahan untuk OS
     Symbian ini oleh karena itu symbian juga di kenal dengan OS yang berbasis Platform java.
-   Symbian menyediakan suatu User Interface ( UI ) framwwork yang fleksibel, sehingga para Vendor bisa 
     memvariasikan produk-produknya.

         OS ini lebih menarik daripada kelas java , namun lebih rentan untuk terkena virus mobile phone. jenis dan tingkatan OS ini juga bervariasi, Seperti Symbian S40, S60 , UIQ. Adanya OS ini juga sedikit berbahaya bagi anda pengguna pemula apabila anda menghapus salah satu file yang terletak pada root nya (Systemnya) maka akan terjadi kesalahan kesalahan kecil pada system anda.
Symbian OS memberikan platform yang fleksibel pada ponsel. kehadiran OS ini tidak secara sepenuhnya di ambil oleh 2 produsen ponsel yaitu Sony Ericsson dan Nokia. Nokia mengambil Nokia memodifikasi tampilan OS ini yang sederhana dengan sistem bernama Series 60 sedangkan Sony Ericsson memodifikasi tampilan Symbian OS bernama UIQ. keduanya menggunakan system operasi yang sama yaitu berbasis symbian logic namun, UIQ menggunakan interface layaur sentuh (Touch Screen) yang sangat berbeda dengan interface yang di kendalikan oleh joystick yang ada pada Series 60. hal ini menjadikan program yang di buat UIQ tidak kompatibel dengan program yang di buat oleh platform series 60.
        Perbedaan antara efisiensi tampilan User interfacenya series 60 dan UIQ 3 aknn menjadikan hal yang tak berujung. hal ini di sebabkab oleh perbandingan yang akan bersifat kualitatif. Ada orang yang lebih menghargai kesederhanaan series 60, Namun ada ada juga yang yang menghargai komplektisitas UIQ 3 tentu mennjadikan pilihan bagi mereka yang enggan untuk masuk lebih dalam ke fungsi-fungsi organizer UIQ 3. Dalam kasus ini tampilan Series 60 yang menjadi alternatif pilihan yang lebih menarik. Hal ini terlihat dari kerapian tampilan data series 60 nan sederhana, Symbian juga mengeluarkan Operating System yang terbaru yang bernama Symbian Belle dan Anna.


2. Microsoft Windows Mobile.

        System operasi ini di keluarkajn oleh Microsoft pada tahun 2000. OS ini juga di keluarkan oleh Microsoft untuk Smartphone dan PDA phone. tampilan OS ini hampir sama dengan Windows yang ada pada komputer anda.

3. Palm OS


Wikipedia.org
        System Operasi ini digunakan pada PDA phone keluaran Palm yang merupakan pesaintg utama dari system operasi Windows Mobile. Pada tahun 2000-an palm ingin menyaingi Kehadiran Windows Mobile namum ketenaran OS yang di keluarkan tahun 1996 ini tidak sanggup bersaing dengan kehandalan Windows Mobile, Namun Palm juga memiliki keunggulan tersendiri karena dia bisa berdiri disebuah telepon pintar yang hanya menpunyai memori yang sangat minim karena Palm hanya membutuhkan  16 MB saja dan hebatnya lagi pada memori 16 MB itu juga bisa di tambahkan jenis applikasi tambahan dari pihak ke 3. Kabr terakhir yang muncul Palm mengeluarkan Ponsel yang di sebut Palm Pre.

4. Java OS








        OS java biasanya di terapkan pada jenis handphone yang mempunyai fitur polyponik tetapi kadang juga kelas monoponik pun ada yang sudah mengincludkan OS ini. biasanya terdapat pada handphone tipe lama. Namun saat ini juga type baru ada yang menyediakan jasa OS ini. Dan Anehnya handpone yang menggunakan OS java harganya lebih murah dibandingkan OS yang lain. Java sebagai middleware yang di perkenalkan pada ponsel, memberikan kontribusi yang cukup memuaskan User (pengguna), Dengan hadirnya OS ini pengguna bisa membuat aplikasi dengan modal sebuah PC (Personal Computer) dan aplikasi Notepad.

5. Android OS






        Android adalah OS yang di buat oleh Google dengan basis LINUX di kenalkan pada 20 September 2008 , dimana OS ini yang sekarang lagi ramai-ramainya di bicarakan dan di gunakan oleh banyak kalangan, banyak vendor yang ingin menggunakan OS ini dalam ponsel keluaran terbarunya yang paling sering menggunakan OS ini adalah Samsung Mobile dimana setiap dia mengeluarkan Ponsel barunya selalu menggunakan OS android.

6. BlackBerry OS (BB)




       
      OS ini didirikan oleh pabrikan asal Canada yaitu RIM (Reserch In  Motion) pabrik pengembangkan perangkan lunak Ponsel dan di kenalkan di masyarakat pada tahun 1999 dan rilis pertama kali tahun 2003. Awalntya produksi layanan penyerta (PAGER) dua arah. Namun dalam poengembangannya perusahaan ini membuat terobosan baru dengan menciptakan perangkat yang bernama BlackBerry yang terkenal dengan fiturnya yang bernama BBM (Blackberry Masseger) fitur ini memanfaatkan teknologi saat ini yaitu Push E-Mail.

7. OS Bada.



      OS ini  pertama kali ditampilkan di Mobile World Congress 2010 di Barcelona pada bulan Februari 2010. Pada saat itu, aplikasi yang berjalan pada ponsel Bada pertama didemonstrasikan, termasuk Gameloft Asphalt 5.
Setelah peluncuran, perusahaan-perusahaan seperti Twitter, EA, Capcom,Gameloft dan Blockbuster menunjukkan dukungan mereka untuk platformBada. 
Pada bulan Mei 2010, Samsung merilis beta dari software mereka Badadevelopment kit (SDK) untuk menarik pengembang. Samsung juga mulai Challenge Bada Pengembang dengan total hadiah $ 2.700.000 (USD) Pada bulan Agustus 2010., Samsung merilis versi 1.0 SDK.
Pada bulan Agustus 2011, Samsung merilis versi 2.0 dari SDK. Versi baru ini menyediakan banyak perangkat tambahan di atas pendahulunya.
Yang pertama ponsel berbasis Bada adalah Wave Samsung S8500,dirilis pada tanggal 1 Juni 2010, yang terjual satu juta handset dalam 4 minggu pertama di pasar. Setelah pengumuman itu Samsung mengeluarkan  S8500 Wave sebagai produk yang di asupi OS Bada.

Share By : Chusnie Mubarok

No comments:

Post a Comment